Cara Membuat Sitemap XML Otomatis Update Dengan Script PHP



Pada kesempatan ini, saya ingin membagikan sedikit informasi mengenai Cara Membuat Sitemap XML Update Otomatis dengan PHP. Sebelum ke pokok pembahasan, ada baiknya kita ketahui dulu apa itu Sitemap dan kegunaannya.
Ada beberapa macam sitemap/peta situs, diantaranya adalah peta situs yang berupa sebuah halaman yang berisi daftar isi dari suatu situs. Peta situs semacam berguna untuk memudahkan pengunjung website dalam menemukan suatu halaman.
Sedangkan Sitemap XML adalah peta situs (berformat xml) yang berisi kumpulan URL dari situs tersebut. Gunanya adalah untuk memudahkan Search engine (mesin pencari) seperti Google dalam meng-crawl/mengindex data-data (konten) dalam situs tersebut.

Bagi pengguna CMS WordPress, membuat sitemap XML tidaklah sulit karena banyak plugin pendukungnya, seperti Google XML Sitemaps. Namun (sebagai contoh), jika Anda mengelola web statis dengan konten yang diperbarui secara manual, mungkin akan memerlukan lebih banyak waktu untuk membuat Sitemap.
Tapi Anda tidak perlu khawatir selama server web Anda mendukung PHP karena ada script PHP memungkinkan Anda membuat Sitemap XML yang bisa update otomatis dan tentunya dengan jumlah URL yang tidak dibatasi.
Mungkin ini adalah solusi yang lebih baik dari pada menggunakan layanan gratis yang saya sebutkan diatas.
Membuat XML sitemap dengan PHP ini sudah saya coba sendiri di situs WAP download ini. Jika Anda juga ingin mencobanya, berikut ini saya bagikan link scriptnya serta cara penggunaannya:

1.Pertama, download sitemap.zip

2.Ekstrak dan upload ke hosting Anda. Tepatnya di directory utama situs Anda, misalnya /public_html Catatan biggrinalam sitemap.zip tersebut ada 4 file, yaitu: 404error.txt, sitemap.php, sitemap.xml, dan sitemap_temp.xml .

3.Tambahkan baris ini di .htaccess RewriteRule (.*)\.xml(.*) $1.php$2 [nocase]

4.Terakhir, akses http://url-situs- anda/sitemap.php dan dalam beberapa saat seluruh URL (publik) situs Anda akan ditambahkan ke sitemap.xml. Setelah menambahkan file atau konten baru di situs Anda, pastikan Anda mengakses http://url-situs-anda/sitemap.php agar URL halaman barunya ditambahkan ke sitemap. Jika Anda tidak ingin melakukan itu dan ingin sitemap terupdate otomatis, jalankan sitemap.php tersebut dengan Cron Jobs.

INFO :http://url-situs-anda ganti dengan alamat/domain situs Anda.

Itu tadi cara membuat sitemap XML update otomatis dengan PHP. Jangan lupa untuk menambahkan sitemap.xml Anda ke Google Webmasters Tools untuk mengoptimalkan SEO situs Anda. Semoga bermanfaat.

6 Responses to "Cara Membuat Sitemap XML Otomatis Update Dengan Script PHP"

  1. setelah selalu gagal nyoba bikin sitemap....akhirnya nemu disini. Dan alahamdulialh bisa gan...tanks gud artikel.

    Jasa buat website

    ReplyDelete
  2. kok ga bisa kang... saya menggunakan nginx easyengine.. gimana caranya ... ,htacces saya ga ada demo makassarta.xyz dan movie21.top

    ReplyDelete
  3. punya ane kok malah ada keterangan begini ya> "The php.ini directive 'allow_url_fopen' must be set to 'On' for this script to function. Please set this to 'On' in your php.ini file." gimana itu gan cara benerinnya?

    ReplyDelete
  4. gan sy coba terapin tapi yang ke buat hanya yang url homenya aja kenapa ya ini websitenya paket tour belitung

    ReplyDelete
  5. If you are looking for more information about flat rate locksmith Las Vegas check that right away. 먹튀폴리스

    ReplyDelete